Pentingnya Tes USG Saat Hamil

Pentingnya Tes USG Saat Hamil

Ibu hamil kudu memeriksakan kandungannya secara teratur dengan dokter kandungan. Salah satu pengecekan yang penting dijalankan waktu hamil adalah ultrasonografi (USG) untuk jelas suasana bayi di dalam perut ibu. Namun, seberapa pentingkah pengecekan USG ini bagi seorang ibu hamil?

Apa itu USG? Pentingnya USG Saat Hamil

Bila berkata perihal pengecekan kehamilan, USG adalah tes yang paling dikenal luas. Sebenarnya apa itu tes USG? USG kehamilan adalah pengecekan yang pakai gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk menunjukkan suasana bayi, plasenta, rahim dan organ panggul lainnya.

Prosesnya tidak menyakitkan. Pertama-tama perut ibu dapat diolesi gel terutama dahulu, sesudah itu dokter dapat mobilisasi alat transuder di atas perut ibu. Melalui alat yang pancarkan gelombang suara berfrekuensi tinggi ke rahim ibu tersebut, ibu bisa menyaksikan gambar janin yang ada di dalam perut di layar monitor.

Kapan Ibu Hamil Melakukan USG?

Umumnya ibu hamil lakukan pengecekan USG kala persentase telah memasuki umur 16 hingga 20 minggu. Namun, bagi ibu hamil yang merasa ada tanda-tanda masalah dengan kehamilannya, telah bisa lakukan tes USG sejak umur 4-5 minggu. Biasanya tes USG di umur kehamilan 4 bulan adalah yang paling dinanti-nantikan oleh ibu hamil, karena pada waktu itu, ibu telah bisa menyaksikan wujud dan tipe kelamin berasal dari sang bayi.

(Baca juga: Kapan Ibu Hamil Sebaiknya Melakukan USG?)

Manfaat Melakukan USG klinik kandungan di bekasi

Pemeriksaan USG waktu hamil terlampau penting sehingga orangtua dan dokter bisa menyaksikan suasana bayi dalam persentase secara keseluruhan, merasa berasal dari tipe kelaminnya, pertumbuhan, pertumbuhan dan kesehatannya. Berikut beberapa keuntungan lain yang bisa ibu hamil dapatkan dengan lakukan pengecekan USG:

Sebagai Diagnosis dan Konfirmasi Awal Kehamilan
Bila ibu merasakan ada tanda-tanda kehamilan, langkah yang paling akurat untuk memastikan ibu benar tengah hamil adalah dengan lakukan tes USG. Selain itu, dengan USG, ibu terhitung bisa jelas umur kandungan, perkiraan waktu lahir dan apakah bayi yang dikandung tunggal atau kembar.

Memeriksa Denyut Jantung Janin
Dengan lakukan pengecekan USG, dokter bisa memantau kuantitas denyut jantung bayi per menitnya, sehingga bisa diketahui apakah ada masalah dengan jantungnya atau tidak. Denyut jantung bayi tentu saja banyak ragam cocok dengan umurnya. Namun, andaikata denyut jantung bayi ternyata lemah, maka ibu berisiko mengalami keguguran.

Memeriksa Plasenta
Tes USG terhitung berguna untuk jelas posisi dan suasana plasenta. Hal ini terlampau penting untuk jelas ada masalah atau tidak pada plasenta tersebut, layaknya plasenta previa dan abrupsio plasenta. Plasenta yang menghalangi jalur lahir terhitung dapat pengaruhi sistem kelahiran. Jadi, dengan jelas perihal berikut lebih dini melalui USG, dokter bisa mengimbuhkan penanganan yang tepat untuk mengatasinya.

Mendeteksi Adanya Masalah Pada Kehamilan klinik usg terdekat
Pemeriksaan USG terhitung terlampau dibutuhkan untuk mendeteksi segala macam problem kehamilan sejak dini. Melalui USG, bisa diketahui apakah bayi berpotensi mengalami down syndrome atau mengalami kelainan bawaan (Baca juga: Deteksi Down Syndrome pada Kandungan dengan Cara Ini!). USG terhitung bisa mendeteksi tumor samasekali pada bayi, lebih-lebih mendiagnosis ada tanda-tanda keguguran.

Pemeriksaan Sebelum Melahirkan
Memasuki trimester akhir, pengecekan USG penting untuk jelas ukuran bayi, apakah beratnya terlampau rendah atau malah berlebih dan untuk menyaksikan wujud fisik bayi, apakah normal atau tidak. Dokter terhitung bisa memantau volume air ketuban ibu, dan yang paling penting, USG berguna untuk jelas posisi bayi, karena perihal berikut pilih apakah ibu bisa melahirkan secara normal atau terpaksa kudu merintis operasi Caesar.

Leave a Reply