Membangun Sound System Sepeda

Membangun Sound System Sepeda

Sistem Suara Sepeda (BSS) semakin populer. Siapapun yang telah pergi ke festival, melihat atau berpartisipasi dalam perjalanan Massal Kritis atau menonton acara Skyride di Inggris akan melihat BSS beroperasi. Berikut ini adalah deskripsi dari apa yang telah saya pelajari selama bertahun-tahun dalam seni membangun sistem suara yang dipasang pada sepeda.

Harap dicatat bahwa semua ini hanya pendapat saya; tidak ada peraturan. Jika itu berhasil dan Anda atau orang lain senang dengan hasilnya maka itu bagus. Duke Ellington pernah berkata, “Ada dua jenis musik, baik dan buruk. Jika Anda menyukainya, itu musik yang bagus.”

Pertimbangan pertama sebelum membangun sound system sepeda adalah bertanya pada diri sendiri sebenarnya untuk apa itu? Sekarang ini mungkin terdengar seperti pertanyaan bodoh tetapi pertimbangkan:

  1. Apakah musiknya untuk kesenangan Anda sendiri, pengendara sepeda lain yang ikut Anda, atau penonton umum?
  2. Apakah Anda akan mengendarai sepeda saat musik diputar? (mungkin dijawab di pertanyaan pertama)
  3. Apakah Anda ingin memainkan musik Anda sendiri atau memiliki fasilitas, seperti meja mixing, mikrofon, untuk membuat sistem lebih fleksibel?
  4. Apakah Anda ingin menyewa sistem di festival dan acara lainnya?
  5. Di mana sistem akan disimpan saat tidak digunakan?
  6. Bagaimana Anda akan mendapatkan sistem ke acara tersebut?

Semoga Anda bisa melihat alasan dari menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini terlebih dahulu. Setelah Anda mengetahui untuk apa BSS itu, sekarang ada beberapa pertanyaan lagi.

  1. Berapa anggarannya?
  2. Seberapa keras sistemnya?
  3. Apakah Anda ingin mengoperasikannya di tengah hujan?
  4. Apakah untuk menjadi mandiri?
  5. Apakah Anda ingin menggunakan trailer?

Saya akan berasumsi bahwa BSS dirancang untuk memutar musik saat dikendarai. Saya telah melihat sistem ‘statis’ tetapi saya merasa gagasan BSS adalah bahwa kita memiliki musik seluler.

BSS yang paling atas bisa mencapai ribuan pound, terutama jika semua yang dibutuhkan dibeli baru.

Volume sistem mungkin merupakan kunci dari segalanya. Jumlah tenaga yang dibutuhkan di luar jauh, jauh lebih banyak daripada yang dibutuhkan di dalam; sebagian besar suara dari speaker di dalam gedung sebenarnya adalah suara yang dipantulkan. Singkirkan dinding dan volumenya turun drastis.

Harus ada keseimbangan antara apa yang dapat didengar, kesetiaan reproduksi, apa yang dapat diperoleh, dan apa yang praktis. Sistem yang sangat keras tidak hanya mengganggu lingkungan sekitar dan menarik perhatian polisi, tetapi juga menjadi sangat berat dan tidak mungkin untuk bergerak. Ingat tidak hanya bobot speaker, ada juga baterai dan amplifier yang harus dibawa.

Sekali lagi, seberapa keras tergantung pada penggunaan, jika hanya untuk Anda sendiri dan pengendara sepeda di sebelah Anda, daya 50 – 100 watt sudah cukup. Menurut pendapat saya, 100 watt adalah minimum absolut. Jika Anda ingin banyak orang mendengar Anda dan Anda menginginkan respons bass yang tepat, watt harus ditingkatkan. Saya yakin 600 watt sudah mendekati maksimum, baik untuk volume maupun berat.

Secara kritis penguat tidak boleh overdrive. Ini biasanya terjadi ketika output penguat tidak cukup untuk situasi tersebut. Semuanya berubah menjadi max untuk mengimbangi dan ada distorsi. Kita semua telah mendengarnya, di dalam mobil, DJ yang tidak mengerti, sistem PA … Hal yang gila adalah menurunkannya sedikit saja akan mengurangi volume sedikit tetapi semuanya sekarang dapat didengar dengan baik tanpa distorsi.

Pertanyaan tentang waterproofing harus dipertimbangkan sejak awal. Menempatkan kantong plastik atau terpal di atas speaker, amp, dan pemutar tidak berfungsi; tidak hanya terlihat buruk, air AKAN masuk. Masalah lainnya adalah pada titik manakah penutup dipasang? Jika sepertinya hujan atau saat hujan mulai turun? Yang terakhir berarti membawa penutup untuk diharapkan dengan cepat membuang sistem (saat sedang berjalan!) Dengan harapan tidak ada yang rusak. Meskipun ada pemain tahan air di luar sana, koneksinya tidak tahan air. Speaker kedap air tidak terdengar bagus, ukurannya kecil dan daya rendah. Saya belum pernah melihat amplifier tahan air.

Mandiri atau tidak? Ini akan turun ke volume sistem. Seorang pengendara sepeda rata-rata dapat mengembangkan 100-200 watt selama satu jam. Menggerakkan sepeda dan sistem suara akan menggunakan sejumlah daya itu. Ada kerugian yang terlibat dalam mengubah daya itu menjadi listrik yang dapat digunakan. Mempertimbangkan faktor-faktor ini, apalagi masalah teknik dalam menghasilkan listrik, kami tidak memiliki banyak sisa untuk menyalakan amplifier. Itu bisa dan telah dilakukan, sistemnya tidak terlalu keras dan, menurut saya, tidak begitu bagus.

Apakah akan menggunakan trailer atau tidak, sekali lagi tergantung pada tujuan BSS. Kita semua pernah melihat ghetto-blaster diikat ke sisi sepeda. Ini berfungsi tetapi suaranya tidak terlalu bagus dan tidak dapat didengar dari jarak lebih dari beberapa meter.

Masalah utama untuk mendapatkan suara yang layak tanpa trailer adalah salah satu masalah beratnya. Itulah sebabnya semua sistem suara bagus yang pernah saya lihat menggunakan trailer.

Jika diputuskan bahwa baterai akan memberi daya pada sistem, kami kemudian mempertimbangkan penguatnya. Meskipun amplifier terbaik, dalam hal kesetiaan adalah amplifier domestik, Hi-Fi, mereka berjalan pada listrik, 110v atau 240v AC. Ini berarti tegangan baterai, kemungkinan besar 12v DC, harus diubah.

Ini menyebabkan berbagai macam masalah. Yang terburuk adalah konverter yang lebih murah, atau inverter, mengubah DC menjadi AC gelombang persegi, ini membuat penguat bersenandung. Masalah lainnya adalah gagasan memiliki tegangan tinggi yang berjalan di sekitar sistem.

Bahkan jika pertimbangan ini diatasi, masalah terminal berikutnya, mungkin adalah bahwa amplifier domestik atau PA mungkin akan rusak dalam waktu singkat karena sistem suara sepeda yang merusak. Dan mereka benar-benar mendapat pukulan; jalan berbatu, lubang pot, trotoar, punuk kecepatan, semua memberikan rig ini kehidupan yang sulit.

Alasan ini adalah mengapa setiap BSS yang saya lihat menggunakan amplifier otomotif 12v; mereka relatif murah, mudah dibaut dan asalkan merek yang digunakan memiliki reputasi baik, sangat andal.

Ketepatan penguat pada BSS tidak terlalu penting. Apa yang terlihat di dalam ruang tamu yang tenang akan hilang di luar. Selama tidak ada distorsi, komponen terpenting dari sound system sepeda adalah speaker

Pertimbangan terpenting saat membangun sistem musik apa pun, apakah Hi-Fi domestik, sistem audio mobil, atau alamat publik (PA) adalah pilihan speaker. Lebih dari setengah anggaran Anda harus digunakan sebagai pembicara. Jika speaker kualitas terbaik digunakan, Anda dapat lolos, sampai batas tertentu, dengan amplifier yang lebih murah. Lakukan sebaliknya dan akan selalu ada suara yang buruk.

Pembicara sulit untuk mendapatkan yang benar. Driver yang berbeda, misalnya woofer, tweeter, harus cocok satu sama lain dan juga harus disesuaikan dengan crossover yang benar (perangkat yang membagi sinyal menjadi frekuensi tinggi dan rendah). Tak hanya itu, kabinet, atau penutupnya juga harus disesuaikan dengan driver dan crossover.

Seorang insinyur suara memberi tahu saya bahwa dia pernah bekerja untuk produsen speaker top di Inggris. Proyek pertamanya adalah menemukan mengapa speaker terbaru mereka tidak berfungsi sebaik model sebelumnya. Secara teori, ini seharusnya terdengar lebih baik tetapi secara misterius terdengar lebih buruk. Setelah seminggu mengotak-atik, dia menemukan bahwa sekrup yang menahan penutup belakang sedikit lebih pendek di speaker baru. Mengganti sekrup untuk yang lebih lama secara ajaib menghidupkan speaker.

Kisah itu sendiri yang membuat ide membangun pembicara dari rencana DIY sangat populer atau terlewatkan. Ya, speaker akan berfungsi tetapi akankah terdengar fantastis, oke atau mengerikan? Satu-satunya keuntungan membangun kabinet speaker adalah dapat dibuat agar sesuai dengan trailer, atau menjadi bagian integral dari trailer.

Pilihan speaker sangat banyak. Secara umum speaker dibedakan menjadi tiga jenis, Hi-Fi, car audio dan PA.

Speaker mobil bisa menjadi pilihan populer untuk BSS karena harganya yang murah. Masalah terbesar dengan mereka adalah mereka harus dipasang ke dalam lemari. Yang sering terlihat adalah ‘sub’ bass, speaker 15 “sudah dipasang ke dalam kabinet. Masalahnya adalah bass ‘sub’ hanya itu, subsonik, atau frekuensi yang sangat rendah saja. Bagus untuk jenis musik tertentu dan surround bioskop sistem suara tetapi tidak cukup baik untuk sistem suara sendiri. Akan ada kebutuhan untuk driver bass yang tepat serta sub. Umumnya sub tidak diperlukan, tidak hanya membutuhkan daya dalam jumlah besar untuk menggerakkannya, sebagian besar musik terdengar bagus tanpa satupun.

Leave a Reply