Bolehkah Aqiqah Umur 2 Tahun

Bolehkah Aqiqah Umur 2 Tahun

Banyak pertanyaan seputar aqiqah keliru satunya adalah Apakah di bolehkah Aqiqah usia 2 tahun. Membangun suatu keluarga tentu saja berharap untuk beroleh seorang anak yang sehat. Bahkan sebagian pasangan tempat tinggal tangga merencanakan program kehamilan untuk buat persiapan nutrisi ibu hamil. Ini bertujuan agar bayi yang dilahirkan nanti menjadi anak yang cerdas.

Kelahiran seorang anak memang memberikan warna dan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua, keluarga, kerabat dan orang terdekat. Melaksanakan aqiqah bisa menjadi pelengkap kebahagiaan.

Namun, dalam pelaksanaan aqiqah tidak seluruh orang jelas akan anjurannya atau sebab kondisi ekonomi belum memungkinkan. Hal ini hingga mengakibatkan pelaksanaan aqiqah anak mudur hingga lebih berasal dari 7 hari sunnah yang dianjurkan. Beberapa orang bisa mundur jalankan Aqiqah anak usia 2 tahun. Lalu Bolehkah Aqiqah Umur 2 Tahun ? Dan bagaimana pelaksanaannya? selanjutnya penjelasannya: Tata Cara Menggelar Aqiqah yang Disunahkan

Bolehkah Aqiqah Umur 2 Tahun?
Aqiqah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Salah satu dasar berasal dari dianjurkannya menunaikan aqiqah berasal dari hadits selanjutnya ini;

“Setiap bayi tergadaikan bersama dengan aqiqahnya, disembelihkan kambing untuknya terhadap hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama”. [HR Abu awud, no. 2838, at-Tirmidzi no. 1522. Ibnu Majah no. 3165 dll berasal dari kawan dekat Samurah bin Jundub Radhiyallahu anhu).

Hadits di atas menerangkan bahwa setiap bayi yang baru lahir itu tergadikan bersama dengan aqiqahnya. Hal ini berarti, memang sangat direkomendasi untuk jalankan aqiqah, jikalau keluarga yang mampu. Kebanyakan berasal dari ulama sudah sepakat jikalau jalankan aqiqah hukumnya adalah sunnah Muakkad. Bahkan sebagian tersedia yang bilang jikalau jalankan aqiqah hukumnya wajib.

Penyembelihan hewan aqiqah untuk anak laki-laki adalah 2 ekor kambing dan anak perempuan 1 ekor kambing. Waktu pelaksanaan aqiqah ini sendiri seperti sebaiknya dilaksanakan terhadap hari ke 7 sesudah bayi lahir. Tetapi, jikalau terhadap hari ketujuh belum memungkinkan, maka bisa dilaksanakan terhadap kelipatannya yaitu hari ke 14 , ke 21 , ke 28 dan seterusnya. Namun, bagaimana jikalau usia anak sudah dua tahun dan belum diaqiqahi? Jual kambing aqiqah Jakarta bekasi

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dibolehkan atau tidak aqiqah anak usia dua Tahun. Berdasarkan sebagian dalil, banyak ulama berpendapat tetap anak bisa diaqiqahi sebab tergadai bersama dengan aqiqahnya. Sedangkan jikalau anak sudah baligh, ulama terhitung tidak sama pendapat. Yang paling mashur adalah pendapat jikalau sudah baligh maka orang tua lepas berasal dari sunnah untuk mengaqiqahkan anaknya.

Nah, untuk jawaban berasal dari Bolehkah Aqiqah Umur 2 Tahun, direkomendasi untuk tetap jalankan aqiqah. Sehingga bagi Anda yang saat ini punyai anak usia dua tahun atau lebih tetapi tetap belum jalankan aqiqah, disunnahkan untuk melakukannya.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply